Tangerang Selatan, (28/8)- Setelah melalui satu bulan persiapan intensif dan pembiasaan yang dibimbing oleh fasilitator, siswa-siswi kelas 9 SMP Islam Plus Baitul Maal akhirnya sukses menggelar acara Market Day sebagai puncak dari unjuk karya Tema 1: Bioteknologi. Acara ini berlangsung dengan meriah dan penuh inovasi, menjadi salah satu contoh sukses penerapan Project Based Learning (PJBL) di sekolah.
Melalui pendekatan PJBL, siswa terlibat langsung dalam proses pembelajaran yang berfokus pada penyelesaian proyek nyata. Dalam hal ini, Market Day menjadi wadah bagi siswa untuk mengaplikasikan pengetahuan bioteknologi yang telah dipelajari, mulai dari tahap perencanaan hingga pelaksanaan. Mereka merancang dan membuat produk berbasis bioteknologi dengan penuh kreativitas dan inovasi, yang kemudian dipasarkan dalam kegiatan Market Day ini.
Kegiatan ini tidak hanya memperlihatkan hasil karya siswa, tetapi juga melatih berbagai keterampilan penting seperti manajemen proyek, kerja sama tim, dan problem solving. Dengan dukungan fasilitator, siswa belajar menyusun proposal proyek, melakukan riset pasar, hingga mempresentasikan dan memasarkan produk mereka kepada pengunjung Market Day. Seluruh proses ini memberikan pengalaman praktis yang tak ternilai, sejalan dengan prinsip PJBL yang menekankan pada pembelajaran kontekstual dan relevan dengan kehidupan nyata.
Salah satu inovasi utama dalam Market Day kali ini adalah penggunaan sistem pembayaran digital, yang sepenuhnya dikelola oleh siswa. Penggunaan transaksi digital tidak hanya mempermudah proses jual beli, tetapi juga menambah wawasan siswa tentang teknologi finansial yang sangat relevan di era digital ini. Ini adalah langkah konkret dalam memperkenalkan literasi digital kepada siswa sejak dini.
Melalui Market Day sebagai bagian dari penerapan PJBL, siswa kelas 9 SMP Islam Plus Baitul Maal tidak hanya mempelajari bioteknologi dari aspek teoretis, tetapi juga mengintegrasikannya dalam proyek yang nyata dan aplikatif. Pengalaman ini menjadi bekal penting bagi mereka untuk mengembangkan keterampilan abad 21, seperti berpikir kritis, berinovasi, dan beradaptasi dengan teknologi. Acara ini sekaligus menjadi penutup yang sempurna untuk Tema 1, serta memberikan pengalaman berharga yang akan terus diingat oleh para siswa.